Gejala Cystitis

Jakarta : 01-01-2018 user : 104

Apa Yang Menjadi Tanda Dan Gejala Cystitis


Kasus cystitis yang paling khas dimulai setelah adanya berhubungan seksual, ketika seorang wanita mengetahui bahwa mereka memerlukan pemeriksaan untuk mengurangi gejalanya. Seiring dengan perkembangan infeksi, hal speerti ini juga dapat menyebabkan adanya rasa sakit dan seperti terbakar dan ketidaknyamanan disekitar kandung kemih.



Gejala utama cystitis meliputi:


  • Adanya rasa sakit atau panas seperti terbakar yang sangat menyengat saat buang air kecil (kencing).
  • Rasa ingin buang air kecil (kencing) yang sering atau urgensi dan perasaan mendesak dari biasanya.
  • Urine yang berwarna gelap dan bau yang sangat kuat.
  • Rasa sakit pada perut.
  • Perasaan tidak sehat yang pada umumnya serta lelah.
  • Rasa nyeri diatas tulang kemaluan.
  • Sesekali darah bisa terlihat dalam urine.

Gejala yang kemungkinan dapat terjadi pada anak kecil atau anak balita termasuk suhu tinggi (demam) dan lemah serta berkurangnya nafsu makan atau muntah. Pada setia wanita yang lebih tua juga tidak memiliki gejala selain lemah hingga terjatuh atau bingung dan demam. >>klik untuk mengetahui gejala lebih lanjut penyakit cystitis <<


Tanda Dan Gejala Cystitis Pada Orang Dewasa Sebagai Berikut:


Cystitis adalah peradangan (inflamasi) pada kandung kemih.

  1. Disuria (buang air kecil terasa sakit).
  2. Urine urgensi dan frekuensi, kencing yang terburu-buru, sering dan sangat mendesak.
  3. Nyeri atau tekanan suprapubik.
  4. Nyeri pada pinggang dan nyeri yang sangat tertekan atau costovertebral (kemungkinan ada pada cystitis bagian atas).
  5. Urine yang berdarah (haematuria).
  6. Adanya demam, menggigil dan malaise (dapat dicatat pada pasien dengan cystitis, namun lebih sering dikaitkan dengan infeksi saluran kemih atau ISK bagian atas).

Gejala Cystitis Ringan Dan Berat


Rasa sakit akibat penyakit cystitis bisa sangat ringan atau ada pada beberapa orang yang bisa sangat buruk sehingga bisa mempengaruhi aktifitas sehari-hari dan mengganggu tidur. Gejala ini juga bisa disebabkan oleh kondisi selain penyakit cystitis. Jika gejala ini membaik setelah beberapa hari atau adanya darah dalam rine segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi dan segera ditindak lanjuti. Dokter akan membantu untuk perawatan kondisi yang dapat menyebabkan gejala dan perawatan ketika Anda menderita cystitis. >>klik untuk mengetahui gejala lebih lanjut penyakit cystitis <<


Cystitis kemungkinan asimtimatik (suatu penyakit ketika pasien tidak menyadari gejala apapun) namun, beberapa dari pasien memberitahu bahwa adanya inkontinensia (kondisi dimana Anda tidak dapat mengontrol buang air kecil Anda). Cystitis klinik bermanifestasi sebagai gejala iritasi berkemih yang mencakup frekuensi, disuria (buang air kecil terasa sakit), urgensi (kencing yang sering), sakit perut suprapubik atau lebih rendah, dan inkontinensia (kondisi dimana Anda tidak dapat mengontrol buang air kecil Anda).


Pada pria, retensi urine harus dikesampingkan karena sering dikaitkan dengan cystitis dan kemungkinan prostatitis. Manipfestasi infeksi saluran kemih (ISK) pada orang dewasa yang lebih tua kemungkinan termasuk adanya rasa kebingungan, lesu, anoreksia (gangguan makan yang menyebabkan seseorang terobsesi dengan berat badan dan apa yang dimakannya) dan inkontinensia (kondisi dimana Anda tidak dapat mengontrol buang air kecil Anda).



Klinik Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu jalannya perawatan yang cepat.


Disclaimer : Hasil dapat berbeda dari masing-masing individu.





Artikel Lainnya


Klinik Spesialis Kelamin

Klinik Sentosa

Klinik Sentosa adalah Klinik Spesialis Kelamin (Klinik Andrologi dan Ginekologi). Klinik Sentosa, Klinik yang berstandar Internasional....