Perawatantan Cystitis

Jakarta : 01-01-2018 user : 104

Bagaimana Cara Perawatan Cystitis?


Adanya gejala pada cystitis yang paling awal biasanya merupakan perasaan ingin buang air kecil (kencing). Hal seperti ini sangat memungkinkan untuk mencegah cystitis yang ringan jika segera ditindak lanjuti atau ditangani. Dan sangat perlu dilakukan pemeriksaan atau pengujian seperti tes urine untuk memeriksa mikroorganisme yang ada. Gejala cystitis yang lebih parah harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter karena adanya gangguan yang mendasarinya seperti batu ginjal atau infeksi ginjal yang bisa menjadi pemicu. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut cara perawatan cystitis <<


Sebagian besar kasus penyakit cystitis yang ringan akan berlangsung lebih dari 4 hari dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter. Pada orang tua dan mereka yang kekebalan tubuhnya lemah, misalnya memiliki penyakit diabetes dan memiliki risiko yang lebih tinggi dapat menyebar ke bagian ginjal dan terjadi komlikasi lainnya, sangat rentan pada seseorang yang tertular dan jika terjadi pada ibu hamil harus segera diobati.



Cystitis Yang Memerlukan Perawatan Jika Cystitis Terlihat Seperti:

  • Anda tidak yakin bahwa Anda terkena penyakit cystitis.
  • Gejala pada cystitis yang tidak membaik dalam beberapa hari.
  • Seringnya mengalami penyakit cystitis.
  • Terdapat gejala pada cystitis yang parah seperti adanya darah dalam urine.
  • Ketika hamil dan memiliki penyakit cystitis.
  • Pria dengan gejala pada cystitis.
  • Seorang anak yang memiliki gejala pada cystitis.

Seorang wanita yang pernah menderita penyakit cystitis tidak pernah memperhatikan kondisi sebelumnya, sehingga mengabaikannya. Penyakit cystitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri umumnya, dan perawatan untuk cystitis non-infeksi tergantung pada penyebab utamanya.


Cara Perawatan Bakteri Cystitis


Perawatan cystitis yang disebabkan oleh bakteri, perawatan yang digunakan tergantung pada keseluruhan kesehatan dan bakteri yang ditemukan dalam urine Anda, seperti:

  • Infeksi Pertama Kali
    Gejalanya sering membaik secara signifikan dalam waktu satu hari atau lebih, perawatan akan tergantung pada tingkat keparahan infeksi Anda. Tingkat berapa lama perawatannya, harus dilakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memastikan bahwa infeksinya benar-benar hilang.

  • Infeksi Berulang
    Jika Anda menderita infeksi saluran kemih (ISK) yang berulang, dokter akan menyarankan untuk melkaukan perawatan yang lebih lama atau perawatan yang menunjukkan yang mengkhususkan pada dokter spesialis gangguan saluran kemih (urologi atau nephrologist) untuk mendapatkkan evaluasi dan mengetahui mengenai kelainan urologis yang dapat menyebabkan infeksi. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut kenapa infeksi terus menerus kambuh <<

  • Infeksi Yang Menjangkit
    Infeksi kandung kemih yang ditularkan menjadi tantangan karena bakteri yang ditemukan sering resisten terhadapt jenis perawatan yang umum terutama yang digunakan untuk perawatan infeksi kandung kemih yang ditularkan oleh orang-orang. Oleh karena itu, berbagai jenis perawatan yang berbeda sangat diperlukan tergantung tingkat keparahan penyakitnya. Setiap wanita dengan postmenopause kemungkinan sangat rentan terhadapt penyakit cystitis. Sebagai bagian dari perawatan, dokter akan merekomendasikan perawatan yang digunakan tanpa meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

Cara Perawatan Cystitis Interstisial (Suatu Kondisi Kandung Kemih Kronis Yang Menyakitkan)


Dengan cystitis interstisial (suatu kondisi kandung kemih kronis yang menyakitkan), penyebab peradangan yang tidak pasti, jadi tidak ada perawatan tunggal yang paling sesuai untuk setiap kasus yang ada. Terapi yang digunakan untuk meringankan tanda dan gejala cystitis interstisial (suatu kondisi kandung kemih kronis yang menyakitkan) meliputi:

  • Perawatan secara oral atau dimasukkan langsung ke dalam kandung kemih Anda.
  • Prosedur yang memanipulasi kandung kemih untuk memperbaiki adanya gejala, seperti peregangan kandun kemih ddengan air atau gas (distensi kandung kemih) atau pembedahan.
  • Stimulasi saraf, untuk menghilangkan nyeri pada pelvis (panggul) dalam beberapa kasus atau untuk mengurangi frekuensi kencing.

Cara Perawatan Cystitis Dengan Bentuk Lain Dari Cystitis Non Infeksi


Jika Anda seseorang yang sangat sensistif dengan penggunaan bahan kimia tertentu dalam produk seperti spermisida (alat kontraspesi yang mengandung bahan kimia yang digunakan untuk membunuh sperma) dan hindari produk yang dapat mengurangi gejala dan mencegah gejala cystitis lebih lanjut. Perawatan cystitis yang berkembang sebagai komplikasi kemoterapi atau terapi radiasi sangat berfokus pada penanganan untuk nyeri, biasanya dengan perawatan untuk menghilangkan iritasi pada kandung kemih.



Klinik Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu jalannya perawatan yang cepat.


Disclaimer : Hasil dapat berbeda dari masing-masing individu.





Artikel Lainnya


Klinik Spesialis Kelamin

Klinik Sentosa

Klinik Sentosa adalah Klinik Spesialis Kelamin (Klinik Andrologi dan Ginekologi). Klinik Sentosa, Klinik yang berstandar Internasional....