Apa Itu Infeksi Saluran Kemih

Jakarta : 08-01-2018 - user : 104

Definisi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi bagian saluran kemih manapun. Termasuk ginjal yang membuat urine, ureter, tabung yang membawa air kencing dari ginjal ke kandung kemih, kandung kemih yang menyimpan urine sampai tubuh siap mengosongkannya dan uretra tabung yang membawa air kencing dari kandung kemih keluar dari tubuh. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu penyakit infeksi saluran kemih <<

Biasanya urine menyusuri atau jalannya tanpa hambatan namun jika bakteri masuk ke dalam air seni dari kulit disekitar alat kelamin atau rektum atau melalui aliran darah. Dapat membuat infeksi dan pembengkakan pada titik manapun. Sekitar 8% anak perempuan dan 2 % anak laki-laki akan memiliki setidaknya 1 infeksi saluran kemih (ISK) selama masa kanak-kanak. Sebelum usianya 1 tahun, dan lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda menduga ada yang salah. Infeksi saluran kemih tidak menyebabkan kerusakan ginjal permanen dan bahkan gagal ginjal. Anak-anak dibawah usia 2 tahun lebih kemungkinan terkena atau mengalami kerusakan yang serius jadi selagi masih bayi sangat penting melakukan pemeriksaan ke dokter.

Apa Penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

Infeksi saluran kemih (ISK) gejalanya sering termasuk buang air kecil yang menyakitkan, seringnya ke kamar mandi dan merasakan urgensi kencing. Gejala lainnya meliputi nyeri perut dan panggul bawah perut, tekanan darah dalam urine, keruh atau merah muda seperti ada darah, demam dan urine yang berbau sangat kuat.

Ada beberapa jenis infeksi saluran kemih (ISK) diantaranya:

• Cystitis
    Radang kandung kemih dan infeksi saluran kemih (ISK) yang paling umum. Hampir semua terjadi pada wanita. Infeksi ini biasanya hanya mempengarhi permukaan kandung kemih dan bersifat singkat dan akut

• Urethritis
    Radang uretra, meski pada umumnya terjangkit mellaui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi dengan infeksi menular seksual (IMS), urethritis juga bisa diakibatkan oleh trauma pada daerah tersebut atau dari proses kateterisasi

• Pyelonefritis
    Bakteri akan menyebar ke ginjal dari aliran darah. Gejalanya meliputi demam, nyeri di punggung atau samping dibawah tulang rusuk, mual, atau muntah. Infeksi ginjal lebih serius dan kurang umum dibanding infeksi kandung kemih. >>Segera konsultasikan keluhan yang anda alami dengan dokter online <<

Apa Saja Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kemih?

1. Rasa nyeri atau terbakar (ketidaknyamanan) saat buang air kecil (kencing).
  2. Kebutuhan untuk buang air kecil (kencing) yang lebih sering dari biasanya (urgensi kencing).
  3. Perasaan seperti terdesak saat buang air kecil (kencing).
  4. Darah atau lendir dalam urine.
  5. Kram dan nyeri di bagian bawah perut.
  6. Sakit saat melakukan hubungan seksual.
  7. Nyeri dan demam.
  8. Perubahan jumlah air kencing.
  9. Urine yang terlihat keruh, berbau busuk yang sangat kuat.
  10. Rasa nyeri dan tekanan didaerah kandung kemih.
  11. Jika bakteri menyebar ke ginjal yang kemungkinan Anda alami yaitu sakit punggung, kedinginan, demam, mual dan muntah.

Bagaimana Cara Perawatan Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

Infeksi saluran kemih (ISK) harus segera diobati. Jenis perawatan yang sudah ditentukan oleh dokter jika sudah menjalani konsultasi dan pemeriksaan seperti pengujian atau tes laboratorium walaupun setelah gejalanya hilang. Jika Anda menghentikan perawatan dan belum dinyatakan sembuh oleh dokter maka Anda harus memulai perawatan dari awal dna kemungkinan infeksi akan kembali. Gejalanya biasanya mereda dalam waktu 2-3 hari namun jika gejalanya berlanjut lebih dari 3 hari maka perlu untuk menghubungi dokter.

Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu proses perawatan penyakit kelamin .