Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Jakarta : 08-01-2018 - user : 104

Apa Yang Menjadi Bahaya Infeksi Saluran Kemih?

Pada wanita yang lebih cenderung mengembangkan infeksi saluran kemih (ISK) daripada pada pria. hal ini karena pada wanita uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) terletak lebih dekat ke anus daripada pada pria. Sehingga memudahkan bakteri dari anus untuk mencapai ke uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh). >>klik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu penyakit infeksi saluran kemih <<

Uterus (rahim) wanita juga jauh lebih pendek daripada uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) pria (yang mengalit melalui penis), sehingga memudahkan bakteri untuk mencapai kandung kemih. Kecenderungan untuk mendapatkan infeksi saluran kemih (ISK) jika:

• Memiliki kondisi yang menghalangi saluran kemih seperti batu ginjal.
  • Memiliki kondisi yang mencegah untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena menderita diabetes (kencing manis) atau sedang menjalani kemoterapi.
  • Wanita yang aktif secara seksual (karena hubungan seksual yang bisa mengiritasi uretra atau saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh, yang memungkinkan bakteri masuk dan melewati kandung kemih.
  • Laki-laki yang memiliki kelenjar prostat yang membesar.
  • Memiliki kateter urine (sebuah tabung yang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk mengalirkan urine).

Komplikasi Dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) Kronis

Orang yang menderita infeksi saluran kemih (ISK) kronis kemungkinan akan mengalami komplikasi. Infeksi saluran kemih (ISK) yang berulang pada akhirnya dapat menyebabkan:

Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK) Lainnya Meliputi:

• Cenderung menunggu terlalu lama ketika ingin mengosongkan kandung kemihnya dan kemungkinan bakteri kan tumbuh dalam urine yang tersimpan.

• Menggunakan diafragma yang dapat menyebabkan trauma mikroskopik ke vagina dan uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungkan luar tubuh) dan membuat daerahnya lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

• Menggunakan spermisida (alat kontrasepsi yang mengandung bahan kimia yang digunakan untuk membunuh sperma) atau jika pasangannya menggunakan pengaman yang dapat mengubah komposisi bakteri di vaginanya sehingga memudahkan bakteri berbahaya tumbuh. >>klik untuk mengetahui risiko penyakit infeksi saluran kemih jika tidak segera diobati <<

• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu (yang disebabkan oleh HIV, kanker lanjut dan diabetes atau kencing manis yang dapat mengurangi kemampuan tubuhnya melawan bakteri.

• Menggunakan kateter urine (sebuah tabung dimasukkan ke dalam uretra atau saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungkan luar tubuh) untuk jangka waktu yang lama dimana bakteri dapat tumbuh.

• Memiliki batu ginjal atau kondisi lain yang menghalangi aliran urine keluar yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri.

• Sedang hamil, wanita hamil lebih rentan terhadap kemungkinan komplikasi dari infeksi saluran kemih (ISK). Perubahan hormonal mendorong pelebaran ureter dimana infeksi dapat berpindah dari kandung kemih ke dalam ginjal dan kemudian masuk ke aliran darah. Begitu berada di aliran darah, infeksi dapat diteruskan ke bayi yang belum lahir dan mengakibatkan persalinan prematur dan berat badan bayi saat lahir.

• Menopause dan kurangnya estrogen yang dapat mempengaruhi elastisitas kandung kemih dan aliran urine juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

• Aktif secara seksual dan peningkatan frekuensi seks, hubungan seksual vagina yang kuat dan posisi seksual wanita semua dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK).

• Selama hubungan seksual bakteri yang ada di vagina lebih mudah dipindahkan ke uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungkan luar tubuh) dan saluran kencing.

Segera Konsultasikan Pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin yang memiliki peralatan atau alat-alat medis yang sudah modern dan canggih dan bertaraf nasional. Dan ditangani oleh para dokter yang sudah ahli didalam bidangnya, selain itu biaya perawatan yang sangat terjangkau. Lokasi klinik yang sangat strategis yang berada di Jakarta Indonesia. Sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya nomor 1 dalam setiap pelayanannya. >>Segera konsultasikan keluhan yang anda alami dengan dokter online <<

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyakit menular seksual (PMS) lainnya segera hubungi hotline kami di nomor 0813 6262 1616.

Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu proses perawatan penyakit kelamin .