Infeksi Saluran Kemih Adalah

Jakarta : 08-01-2018 - user : 104

Pengertian Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu infeksi pediatrik yang paling umum. Ini sangat menganggu pada anak-anak, mengakibatkan kekhawatiran pada orang tua dan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal yang permanen. Kejadian infeksi saluran kemih (ISK) simtomatik pertama kali terjadi pada anak-anak dan pada perempuan secara nyata menurun. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu penyakit infeksi saluran kemih <<

Bayi yang berumur kurang dari 2 bulan merupakan salah satu faktor penting terkena dan kemungkinan menderita demam. Pemeriksaan demam pada bayi harus selalu mencakup evaluasi mengenai infeksi saluran kemih (ISK). Perawatan untuk bayi yang mengalami demma yang berusia kurang dari 3 bulan yang memiliki suhu diatas 38 ° c.

Apa Yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih (ISK) yang disebabkan oleh bakeri yang hidup dalam sistem pencernaan. Diperkirakan bakteri itu bisa menyebar melalui anus (lubang dimana tinja dilewatkan keluar dari tubuh) ke uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh). Saat menyeka anus dan bersentuhan dengan alat kelamin Anda. Bakteri kemudian bisa berkembang biak dan bergerak melalui saluran kemih yang menyebabkan infeksi sebagai berikut:

• Infeksi uretra (urethritis). Uretra adalah tabung yang mengalir dari alat kelamin atau alat kelamin wanita ke dalam kandung kemih dimana Anda buang air kecil (BAK atau kencing).
  • Infeksi kandung kemih (cystitis). Kandung kemih adalah organ berbentuk balon yang digunakan untuk menyimpan urine.
  • Infeksi ureter (urethritis). Saluran ureter adalah tabung yang mengalir dari kandung kemih ke ginjal.
  • Infeksi ginjal (pielonefritis). Ginjal adalah 2 organ berbentuk kacang yang digunakan untuk membuang produk limbah dari darah dan mengubahnya menjadi air kencing (BAK atau kencing). >>klik untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit infeksi saluran kemih <<

Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih

Wanita cenderung terkena infeksi saluran kemih (ISK) dari pada pria. Karena uretra wanita terletak lebih dekat ke anus daripada pria yang memudahkan bakteri dari anus mencapai uretra. Kecenderungan menularkan infeksi saluran kemih (ISK) jika:

• Memiliki kondisi yang menghalangi saluran kemih seperti batu ginjal.
  • Memiliki kondisi yang mencegah untuk benar-benar mengosongkan kandung kemih. Jika urine terlalu lama di kandung kemih ia akan berkembang biak.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena menderita diabetes atau sedang menjalani kemoterapi (perawatan untuk perawatan kanker).
  • Perempuan yang aktif secara seksual. Hubungan seksual yang bisa mengiritasi uretra sehingga bakteri bisa berjalan lebih mudah melewatinya dan masuk ke kandung kemih.
  • Pada anak laki-laki yang memiliki kelenjar prostat yang membesar. Jika kelenjar prostat membesar ia akan memberi tekanan pada kandung kemih dan uretra dan mencegah kandung kemih mengosongkan sepenuhnya air kencing.
  • Memiliki kateter urine yang merupakan tabung yang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk mengalirkan urine.
  • Menggunakan diafragma (bentuk penghalang konstrasepsi yang berada didalam alat kelamin wanita) dan dapat memberi tekanan pada kandung kemih dan dapat mencegah pengosongan air kencing dengan benar.
  • Pasangan seksual yang menggunakan pengaman yang dilapisi dengan spermisida (alat kontrasepsi yang mengandung bahan kimia yang digunakna untuk membunuh sperma). Bahan kimia yang bisa mengiritasi alat kelamin sehingga lebih rentan terhadap infeksi. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut risiko infeksi saluran kemih apabila dibiarkan <<

Apa Sajakah Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Riwayat infeksi saluran kemih (ISK) bervariasi dengan usia pasien dan didiagnosis secara spesifik. Tidak ada tanda dan gejala spesifik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi infeksi saluran kemih (ISK) pada bayi dan anak-anak. Anak usia 0-2 bulan. Neonatus dan bayi sampai usia 2 bulan yang memiliki pielonefritis biasanya tidak memiliki gejala yang terokalisir ke saluran kemih. Neonatus dengan infeksi saluran kemih (ISK) dapat menunjukkan gejala seperti berikut:

• Penyakit kuning.
  • Demam.
  • Gagal dalam pertumbuhan.
  • Busung lapar.
  • Muntah
  • Sifat yang lekas marah.

Bagaimana Infeksi Saluran Kemih Diobati?

Infeksi saluran kemih (ISK) membutuhkan perawatan yang menghancurkan bakteri dan menghentikan untuk tetap tumbuh. Untuk membantu memastikan infeksi telah sembuh kemungkinan harus meminum banyak air mineral. Selain itu selalu konsultasikan dengan dokter serta lakukan pemeriksaan rutin.

Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu proses perawatan penyakit kelamin .