Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Jakarta : 31-12-2017 - user : 104

Infeksi saluran kemih atau yang biasa disingkat dengan ISK merupakan infeksi bakteri yang menyerang saluran kemih. Infeksi ini terjadi karena bakteri masuk ke dalam saluran kemih kemudian bergerak menuju uretra, jika infeksi ini tidak segera diobati meluas pada kandung hingga ginjal. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu penyakit infeksi saluran kemih <<

Wanita berisiko besar mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan dengan pria, bahkan wanita bisa mengalami infeksi ini lebih dari sekali selama hidupnya. Banyak faktor yang membuat wanita lebih rentan untuk sering terkena infeksi saluran kemih. Wanita memiliki uretra yang lebih pendek dari pada pria, hal ini membuat bakteri lebih mudah untuk mencapai kandung kemih wanita. Selain itu uretra wanita juga berada dekat anus, oleh karena disarankan untuk membilas dari depan ke belakang setelah buang air besar atau kecil, hal ini untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke uretra seperti bakteri E.coli.

Bagaimana Gejala Dari Infeksi Saluran Kemih?

Jika Anda mengalami hal seperti di bawah ini atau mengalami gejala lainnya yang mengganggu Anda sebaiknya segera periksa ke dokter Anda, dikhawatirkan Anda mengalami infeksi saluran kencing. Tanda gejala Infeksi saluran kemih bagian bawah yang meliputi pada kandung kemih dan uretra adalah:

1. Terasa nyeri atau perih pada saat buang air kecil.
  2. Selalu buang air kecil dan tidak bisa ditahan.
  3. Merasa panas saat buang air kecil.
  4. Lebih sering merasa ingin buang air kecil, padahal urin yang keluar hanya sedikit.
  5. Tidak nyaman dan terasa nyeri pada perut bagian bawah.
  6. Seperti ada tekanan pada bagian panggul.
  7. Bau urine sangat menyengat.
  8. Warna urine berbeda dari seperti yang biasanya, urine keruh, dan terkadang bercampur darah.
  9. Badan terasa lelah, tidak enak, dan terasa nyeri.
  10. Ada perasaan urine tidak sepenuhnya keluar setelah selesai kencing. >>klik untuk mengetahui gejala lebih lanjut <<

Tanda gejala ISK bagian atas, yang merupakan infeksi terjadi pada ureter dan ginjal dengan gejala-gejala berupa:

• Tubuh terasa dingin dan kadang menggigil.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri pada bagian pinggang dan punggung.
  • Gelisah.

Apa Bahaya Dari Infeksi Saluran Kemih?

Jika infeksi saluran kemih tidak segera diobati dapat menyebabkan gangguan pada ginjal, pada saat seseorang terkena infeksi pada kandung kemih, maka bakteri dapat naik dan masuk melalui ginjal.

Bagaimana Cara Perawatan Infeksi Saluran Kemih?

Jika Anda mengalami gejala diatas, atau gejala yang tidak disebutkan sebaiknya segera konsultasikan diri Anda pada dokter. Dengan pemeriksaan langsung oleh dokter maka Anda bisa mendapatkan solusi perawatan terbaik.

Klinik Sentosa dapat membantu anda perawatan saluran kemih, klinik spesialis kulit dan kelamin yang memiliki peralatan medis yang modern, dokter yang menangani pasien berpengalaman dalam bidangnya, serta biaya perawatan yang terjangkau. Klinik yang bertaraf Internasional, terletak di lokasi yang strategis sehingga mudah di jangkau baik yang berada di Jakarta dan luar kota. memberikan perhatian kepada pasien, dan menempatkan kesehatan pasien sebagai prioritas No 1 dalam melayani pasien. >>Segera konsultasikan keluhan yang anda alami dengan dokter online <<

Klinik Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu jalannya proses perawatan.