Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jakarta : 08-01-2018 - user : 104

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih kemungkinan disebabkan oleh satu atau lebih dari kondisi seperti berikut:

• Pasangan seks yang baru dan berganti-ganti pasangan seksual.
  • Seringnya melakukan hubungan seksual.
  • Mempunyai riwayat penyakit diabetes, anemia, stroke, batu ginjal atau maslaah yang dapat menyebabkan kandung kemih tidak kosong sepenuhnya.
  • Kehamilan yang meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK).
  • Penggunaan produk seperti pembersih kulit yang keras.
  • Penggunaan alat-alat kontrasepsi seperti diafragma dan spermisida.
  • Mempunyai riwayat penyakit infeksi saluran kemih (ISK) terutama jika infeksi kurang dari 6 bulan.
  • Lamanya saat buang air kecil (BAK atau kencing).

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri yang biasanya hidup di usus besar dan rektum (organ yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses). Begitu bakteri dimasukkan ke dalam uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh), berkembang biak dan berjalan sampai ke kandung kemih. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu penyakit infeksi saluran kemih <<

Urine yang mengalir dari kandung kemih biasanya mencuci bakteri yang keluar dari tubuh. Namun, karena wanita memiliki uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) lebih pendek daripada pria, bakteri bisa mencapai kandung kemih lebih mudah dan menetap di dinding kandung kemih. Mengapa wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih (ISK) daripada pria.

Infeksi saluran kemih (ISK) yang berulang diklarifikasikan 3 atau per tahun. Beberapa faktor dapat menginfeksi terhadap risiko infeksi saluran kemih (ISK) seperti:

• Hubungan seksual.
  • Penggunaan spermisida atau alat kontrasepsi.
  • Tekanan atau kekebalan.
  • Kehamilan.
  • Diabetes.
  • Kadar estrogen rendah.
  • Kateterisasi.

Estrogen alami membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK) kambuh pada wanita. Setelah menopause, kadar estrogen turun seiring dengan jumlah lactobacillus alat kelamin, bakteri baik yang mencegah pertumbuhan bakteri intestinal di alat kelamin. Hal seperti ini membuat wanita pascamenopause sangat rentan terhadap infeksi saluran kemih (ISK).

Kateter dikaitkan dengan kolonisasi bakteri dan peningkatan risiko infeksi klinis. Penggunaan teknik yang dijelaskan dapat membantu menjaga kateter tetap bersih dan mencegah infeksi saluran kemih (ISK) rekuren. Sementara penggunaan tunggal kateter steril mengurangi risikonya, hal itu tidak mencegah terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga dan merawat ketika menggunakan kateter dengan benar setiap saat dan selalu waspada terhadap gejala infeksi saluran kemih. Agar selalu tetap terjaga kondisi kesehatan nya. Bakteri yang hidup di alat kelamin, genital dan daerah dubur bisa masuk ke uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh), jalannya ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

Hal seperti ini dapat terjadi selama aktifitas seksual saat bakteri dari alat kelamin pasangan Anda, anus, jari, atau mainan seks yang masuk ke uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) Anda. Infeksi saluran kemih (ISK) juga bisa disebabkan oleh klamidia, gonore atau kencing nanah atau organisme lainnya.

Meskipun infeksi saluran kemih (ISK) tidak menyebar dari satu orang ke orang lain seperti penyakit menular seksual (PMS), berhubungan seks dapat menyebabkan atau memperburuk infeksi saluran kemih (ISK). Tapi ketika Anda tidak berhubungan seksual maka tidak akan mendapat infeksi saluran kemih (ISK) dari pasangan seksual Anda.

Apapun yang membawa bakteri dalam kontak dengan uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK), risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK) jika:

1. Memiliki penyakit infeksi saluran kemih (ISK) sebelumnya.
  2. Menderita diabetes.
  3. Obesitas.
  4. Penggunaan spermisida atau diafragma.
  5. Memiliki batu ginjal atau penyakit lainnya di saluran kemih Anda.

Pada kebanyakan orang yang tidak dapat menentukan penyebab pastinya dari infeksi saluran kemih (ISK) karena banyak hal yang dapat menyebabkannya.

Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu proses perawatan penyakit kelamin .