Penyebab Kulup Panjang

Jakarta : 31-12-2017 - user : 104

Apa Yang Menyebabkan Masalah Kulup Panjang?


Pria yang tidak sunat kadang-kadang sering menarik kulup ke belakang saat berhubungan seks, saat mereka membersihkan alat kelamin mereka. Dokter bisa menarik kulup kembali saat pemeriksaan alat kelamin atau memasukkan kateter. Terkadang, dokter kemungkinan lupa menarik kulup kembali kebawah. Jika kulit khatan tertinggal dibelakang kepala alat kelamin terlalu lama, kemungkinan akan membengkak sehingga kulit khatan terjebak di belakangnya. Permasalahan kulup bisa menjadi hasil dari:

  • Kebersihan diri yang buruk (tidak membersihkan kepala alat kelamin dengan benar).
  • Infeksi.
  • Upaya paksa untuk menarik kulup panjang.
  • Komplikasi saat disunat (pengangkatan kulup panjang).
  • Sering terjadi kateterisasi (pada anak-anak dengan kandung kemih atau infeksi saluran kencing secara berulang).
  • Aktifitas seksual.

Kondisi Yang Bisa Mempengaruhi Kulup Panjang


Kulit khatan adalah potongan kulit yang menutupi bagian atas alat kelamin. Kondisi yang bisa mempengaruhi kulup antara lain:

  • Hipospadia
    Dimana lubang (meatus) yang melalui urine dilewatkan tidak berada tepat di ujung alat kelamin, dan kulup dikumpulkan dibagian belakang alat kelamin dan bukan dibagian depan

  • Kulit Khatan Ketat (Phimosis)
    Dimana kulup tidak bisa ditarik kembali untuk kepala alat kelamin. Normalnya pada anak dibawah usia 5 tahun, namun kulup harus ditarik kembali saat anak laki-laki bertambah dewasa dan mencapai pubertas. Kulit kulup yang ketat pada masa pubertas atau dewasa dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan masalah dengan buang air kecil (BAK atau kencing). >>> [klik] jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang bahaya kulup jika dibiarkan

  • Paraphimosis
    Dimana kulup telah ditarik tapi terjebak, membatasi aliran darah ke kepala alat kelamin. alat kelamin akan berubah warna menjadi warna ungu gelap. Paraphimosis memerlukan penanganan medis sesegera mungkin karena kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada alat kelamin jika tidak segera diobati lebih awal

  • Balanitis
    Radang ujung alat kelamin dan kulup biasanya disebabkan oleh iritasi kimiawi, infeksi bakteri atau jamur. Kepala alat kelamin akan menjadi merah, bengkak dan sakit dan kemungkinna ada cairan kental

  • Bintik Fordyce
    Jerawat kecil, merah atau putih yang terbentuk secara alami dibawah kulit alat kelamin. Mereka tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan apapun

  • Infeksi Ragi (Thrush)
    Sensasi gatal atau terbakar, disertai dengan cairan berbau serta bercak merah didekat kepala alat kelamin atau di kulup. Hal itu bisa disebabkan oleh hubungan seksual dengan wanita yang memiliki ineksi atau menjadi tanda imunitas yang rendah, misalnya penderita diabetes

  • Kutil Kelamin
    Bintik kembang kol putih atau merah muda yang disebabkan oleh virus papilloma (HPV) yang diteruskan melalui kontak seksual dari kulit ke kulit dengan seseorang yang sudah memiliki virus tersebut

Kemungkinan Dari Penyebab Nyeri Pada Alat Kelamin


  • Infeksi tabung kandung kemih (urethritis) yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil (BAK atau kencing) dan kemungkinan ada cairan yang menetes dari ujung alat kelamin. Urethritis sering terjadi karena infeksi menular seksual (IMS). Dan dapat menyebabkan pembentukan nanah (abses) pada batang alat kelamin yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan yang parah.

  • Rasa sakit seperti ulkus pada kepala alat kelamin atau pada kulup disebabkan oleh ineksi menular seksual (IMS) dan sering terjadi bersamaan dengan urethritis.

  • Infeksi yang disebabkan oleh kuman di kandung kemih (cystitis) yang dapat menyebabkan rasa sakit pada alat kelamin.

  • Infeksi atau pembengkakan pada kelenjar prostat (prostatitis) yang bisa menyebabkan rasa sakit terutama saat ejakulasi.

  • Terdapat batu didalam kandung kemih atau di salah satu tabung yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih (ureter) yang bisa menyebabkan sakit pada alat kelamin.

  • Infeksi kelenjar (balanitis), kulup (phimosis) atau keduanya akan menyebabkan rasa sakit, gatal dan kemerahan pada ujung alat kelamin. Hal ini sering terjadi karena infeksi jamur (kandida) yang dilewati antara pria dan pasangan seksualnya. Ini kemungkinan pertanda bahwa pria tersebut memiliki gula dalam urine karena diabetes melitus.

  • Jika kulup terlalu kencang ditarik kembali ke kelenjar dikenal sebagai phimosis. Hal ini sangat umum terjadi pada anak laki-laki dibawah usia 6 tahun, namun pada anak laki-laki dewasa kulit khatan seharusnya mudah ditarik. Jika tidak bisa ditarik, bisa menjadi infeksi glans dan kulup yang menyakitkan karena kuman dan jamur lebih mudah tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab dibawah kulup.

  • Terkadang kulup bisa ditarik ke belakang, tapi relatif sangat kencang dan saat terjebak disekitar kelenjar, terutama saat ereksi yang menghalangi pembuluh darah dan menyebabkan ujung alat kelamin membengkak. Kelenjar menjadi terlalu bengkak untuk menarik kulit khatan ke atasnya. >>> [klik] jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang bahaya kulup jika dibiarkan

  • Cedera (trauma) pada alat kelamin akan menyebabkan rasa sakit. Dengan phimosis, kulup yang ketat dapat terluka saat melakukan hubungan seksual yang menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.

  • Kanker alat kelamin lebih sering terjadi pada pria dengan phimosis daripada mereka yang pernah disunat. Dengan phimosis, kanker tetap tidak terlihat dibawah kulup sampai menimbulkan rasa sakit, pendarahan dan cairan berbau busuk.

  • Nyeri pada alat kelamin saat ereksi kemungkinan karena penyakit peyronie. Hal ini disebabkan oleh alat kelamin yang menekuk selama aktiftas seksual yang kuat yang menyebabkan pendarahan dengan pembentukan bekas luka. Setelah lama mengalami rasa sakit saat bersenggama, pria tersebut kemungkinan mempunyai alat kelamin yang menjadi bengkok (melengkung) saat ereksi.

  • Ereksi yang menyakitkan yang berlangsung selama lebih dari 4 jam dikenal dengan priapisme. Ada banyak penyebab priapisme, namun jika tidak ditangani dengan cepat, bisa menyebabkan impotensi permanen (kehilangan kemampuan ereksi).

  • Fraktur alat kelamin pria dapat terjadi selama seks yang kuat, saat alat kelamin ereksi ditekuk tajam. Ada rasa sakit yang tiba-tiba parah, ereksi segera hilang dan alat kelamin menjadi bengkak dan nyeri.

  • Strangulasi alat kelamin pria terjadi saat cincin semacam diletakkan disekitar poros, biasanya dalam usaha untuk membuat ereksi bertahan lama. Cincin tersebut menghalangi pembuluh darah yang menguras alat kelamin dan menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit yang parah. Jika tidak segera dikeluarkan cincin tersebut bisa menyebabkan kematian jaringan alat kelamin (gangren).

  • Pasien dengan impotensi dapat diobati dengan suntikan ke alat kelamin yang dapat menyebabkan priapism (ereksi berkepanjangan pada alat kelamin biasanya tanpa gairah seksual) yang menyakitkan.

  • Prostesis alat kelamin pria terdiri dari 2 silinder silikon yang ditanamkan ke alat kelamin untuk memberikan ereksi buatan pada seseorang yang memiliki impotensi. Jika prostesis terlalu besar atau terinfeksi bisa menyebabkan rasa sakit.

  • Pembekuan (trombosis) pada salah satu pembuluh darah dikulit alat kelamin adalah penyebab langka rasa sakit alat kelamin.



Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu proses perawatan penyakit kelamin .


Disclaimer : Hasil dapat berbeda dari masing-masing individu.





Artikel Lainnya


Klinik Spesialis Kelamin

Klinik Sentosa

Klinik Sentosa adalah Klinik Spesialis Kelamin (Klinik Andrologi dan Ginekologi). Klinik Sentosa, Klinik yang berstandar Internasional....