Bahaya Benjolan Daging Tumbuh Di Kelamin

Jakarta : 31-12-2017 - user : 104

Benjolan yang tumbuh menyerupai daging pada kelamin kemungkinan salah satu penyakit menular seksual yang biasa dikenal dengan kutil kelamin, dimana penyakit menular ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Pada wanita, virus papiloma tipe 16 dan 18, yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil Pap-smear yang abnormal) atau kanker pada alat kelamin wanita, vulva, dubur, alat kelamin pria, mulut, tenggorokan atau kerongkongan. >>>bagaimana cara penanganan kutil kelamin? [klik disini berkonsultasi]



Kutil kelamin di tandai dengan tumbuhnya benjolan daging pada alat kelamin dan daerah sekitar dubur. Nama lain dari penyakit ini adalah kondiloma akuminata serta jengger ayam. Gejala seperti ini sebaiknya jangan di sepelekan karena sangatlah berbahaya dan jika sampai di biarkan kutil kelamin akan terus tumbuh membesar. Penyakit kutil kelamin ini bisa menjadi hal yang sangat menyiksa bagi penderitanya. Jika yang mengalami adalah pria biasanya akan muncul di dasar atau pada bagian batang kemaluan serta dalam uretra atau daerah dubur. Bukankah hal ini bisa membuat penderitanya sangat malu selain juga tidak nyaman.


Apa Saja Gejala Kutil Kelamin?


  • Tumbuh daging Kecil-kecil pada sekitar daerah genital.
  • Terjadi pembengkakan berwarna Abu-abu pada daerah sekitar genital.
  • Kutil dapat tumbuh sendiri – sendiri atau atau tumbuh secara berdekatan hingga membentuk kelompok yang besar .
  • Kelompok kutil kelamin tumbuh seperti kembang kol.
  • Terasa tidak nyaman atau gatal pada area sekitar genital.
  • Terjadi pendarahan selama atau setelah berhubungan seksual.

Bagaimana Cara Penanganan Kutil Kelamin?


Jangan mencoba perawatan kutil sendiri karena yang di khawatirkan akan semakin memperparah kondisi yang Anda alami saat ini. Sampai saat ini ada 2 cara untuk perawatan kutil kelamin, yang pertama adalah dengan obat oles dan yang kedua adalah dengan ablasi. Perlu diingat bahwa obat kutil yang dijual bebas di apotek peruntukannya bukan untuk perawatan kutil kelamin tetapi untuk perawatan kutil pada area tubuh lain. Untuk perawatan dengan prosedur ablasi harus dilakukan oleh dokter, oleh sebab itu sebaiknya segera konsultasikan diri Anda pada dokter. >>>bagaimana cara penanganan kutil kelamin? [klik disini berkonsultasi]<<<


Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk perawatan kutil di anus antara lain adalah:


  1. Salep Topikal

    Perawatan ini bisanya menggunakan salep atau krim yang langsung dioleskan pada kutil, metode ini memerlukan waktu bertahap untuk proses penyembuhannya.

  2. Eksisi

    Prosedur ini melakukan pemotongan pada kutil setelah itu luka sisa pemotongan dijahit kembali (hecting). Sebelum dilakukan eksisi biasanya akan diberikan bius lokal.

  3. Bedah Laser

    Metode ini menggunakan laser untuk menghilangkan kutil, prosedur ini biasanya dipilih untuk kutil yang sulit dijangkau dan berukuran besar, seperti didalam anus dan serviks.

Mengalami Kutil Kelamin? Konsultasikan Pada Klinik Sentosa



Klinik Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kulit dan kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu jalannya proses perawatan.


Disclaimer : Hasil dapat berbeda dari masing-masing individu.





Artikel Lainnya


Klinik Spesialis Kelamin

Klinik Sentosa

Klinik Sentosa adalah Klinik Spesialis Kelamin (Klinik Andrologi dan Ginekologi). Klinik Sentosa, Klinik yang berstandar Internasional....