Uretritis Adalah

Jakarta : 12-4-2018 - user : 50

Pengertian Urethritis


Urethtitis adalah kondisi kesehatan yang melibatkan peradangan pada uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh), serta kemungkinan pembengkakan dan iritasi didaerah yang dapat menyulitkan individu yang terkena untuk buang air kecil (BAK atau kencing). Urethritis adalah infeksi uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh) yang merupakan tabung yang menempel pada kandung kemih sehingga memungkinkan air kencing mengalir keluar dari tubuh. >>klik untuk mengetahui lebih lanjut apa itu penyakit uretritis <<


  • Urethritis biasanya disebabkan oleh bakteri yang didapat dari seks (penyakit menular seksual atau PMS).
  • Gejala yang umum adalah nyeri saat buang air kecil (BAK atau kencing dan merasa perlu buang air kecil yang lebih sering atau lebih kuat (urgensi kencing).
  • Terkadang cairan keluar dari uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh) yang tebal dan hijau kekuningan atau jernih namun tipis-tipis.
  • Jika urethritis tidak diobati maka akan terkena infeksi kandung kemih atau ginjal atau sakit di uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh) juga.


Apa Yang Menyebabkan Urethritis?


Yang paling sering terjadi akibat infeksi oleh bakteri atau virus. Yaitu bakteri e.coli yang mana adalah penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore (kencing nanah) dan virus seperti virus herpes simpleks.


Faktor Risiko Urethritis


Faktor penyebab lainnya meliputi luka pada daerah dan bahan kimia yang digunakan didaerah pelvic (panggul). Seperti spermisida (alat kontrasepsi yang mengandung bahan kimia yang digunakan untuk membunuh sperma) dan kontrasepsi. Seperti penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan urethritis, orang yang melakukan hubungan seks tanpa kondom atau pengaman dengan banyak pasangan yang biasanya memiliki risiko tertular infeksi yang lebih tinggi.


Apa Sajakah Gejala Dan Komplikasi Untuk Penyakit Urethritis?


Karena perbedaan anatomi uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh) antara pria dan wanita, gejala yang dialami oleh mereka yang terkena kondis ini sering kali sangat berbeda. Banyak wanita sama sekali tidak memperhatikan gejalanya meski kemungkinan akan mengalami sakit perut dan serasa terbakar saat buang air kecil (BAK atau kencing).


Demam juga bisa terjadi dan biasanya perlu buang air kecil lebih sering (urgensi kencing). Pada pria yang sering mengalami gejala seperti:


  • Adanya darah dalam air seni atau air mani.
  • Disuria (rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil yang biasanya dirasakan dalam tabung yang membawa urine keluar dari kandung kemih atau daerah sekitar alat kelamin).
  • Keluarnya cairan putih dari alat kelamin pria.
  • Sering buang air kecil (frekuensi kencing).
  • Alat kelamin pria yang gatal dan bengkak.
  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Nyeri saat ejakulasi.

Infeksi yang parah yang tidak ditangani secara memadai dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti infeksi pada kandung kemih, testis atau serviks (leher rahim) tergantung pada pria atau wanita.


Bagaimana Cara Mendiagnosis Urethritis?


Ketika seseorang dengan gejala urethritis dan didiagnosis awal biasanya dimulai dengan pemeriksaan visual uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke area luar tubuh) untuk mendeteksi tanda-tanda kemerahan, pelepasan dan kelenjar getah bening yang membengkak. Jika pasien laki-laki dilakukan pemeriksaan rektal genital yang kemungkinan diperlukan untuk menguji kelenjar prostat untuk pembengkakan yang terkait yang dpaat menyebabkan adanya gejala. >>klik untuk mengetahui diagnosa lebih lanjut<<


Bagaimana Cara Merawat Urethritis?


Tujuan utama perawatan adalah untuk membasmi infeksi yang akan membantu memperbaiki gejala dan mencegah penyebaran infeksi. Perawatan yang spesifik untuk setiap individu tergantung pada penyebab infeksi. Jika bahan kimia mengiritasi lebih cenderung menjadi penyebabnya maka hindari produk yang berbahan kimia agar gejala mereda dan lakukan tindakan terbaik.


Saat melakukan perawatan atau perawatan maka harus menghindari hubungan seks atau menggunakan pengaman atau pelindung selama aktifitas seksual untuk mencegah penyebaran infeksi. Selain itu, pasangan seksual harus diobati terlepas dari memiliki gejala atau yang membawa bakteri yang menular.


Segera Konsultasikan Pada Klinik Utama Sentosa


Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin yang memiliki peralatan atau alat-alat medis yang sudah modern dan canggih dan bertaraf nasional. Dan ditangani oleh para dokter yang sudah ahli didalam bidangnya, selain itu biaya perawatan yang sangat terjangkau. Lokasi klinik yang sangat strategis yang berada di Jakarta Indonesia. Sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya nomor 1 dalam setiap pelayanannya.



Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyakit menular seksual (PMS) lainnya segera hubungi hotline kami di nomor 0813 6262 1616.


Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kelamin yang berada di Jakarta, Indonesia. Menangani setiap permasalahan penyakit kelamin seperti penyakit menular seksual (PMS), infeksi menular seksual (IMS), Andrologi dan Ginekologi. Didukung oleh dokter ahli dan peralatan medis yang modern guna membantu proses perawatan penyakit kelamin.


Disclaimer : Hasil dapat berbeda dari masing-masing individu.





Artikel Lainnya


Klinik Spesialis Kelamin

Klinik Sentosa

Klinik Sentosa adalah Klinik Spesialis Kelamin (Klinik Andrologi dan Ginekologi). Klinik Sentosa, Klinik yang berstandar Internasional....